Perkembang dan pertumbuhan manusia

Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

Perkembangbiakan Manusia

Kehidupan di muka bumi tidak sekaligus ada secara lengkap seperti yang kita lihat sekarang. Semua yang ada di atas bumi ini tercipta atas kebesaran Allah yang Maha Esa. Apakah kamu tahu, darimana kamu berasal? 

Mulanya sel telur yang ada dalam tubuh ibumu dibuahi oleh sel spermatozoa dari ayahmu. Sel telur akibat pembuahan itu berada di dalam tubuh ibumu, tidak dikeluarkan, akan tetapi berkembang didalam tubuh ibumu selama ± 9 bulan.                                          
Ketika telah memasuki masa dari akhir periode tersebut, kamu sudah terbentuk sempurna dan telah siap untuk dilahirkan.

Image:proses.png


Bandingkanlah kepala bayi ketika bayi baru dapat tengkurap dengan bayi yang sudah dapat berjalan. Bagaimanakah sekarang perbandingannya? Lebih besar, bukan? Setelah dewasa, perbandingan kepala dengan panjang tubuh semakin besar, kira-kira seperdelapan dari panjang tubuhnya.

Ciri Perkembangan Fisik Anak Laki-laki dan Anak Perempuan

Sampai umur 9 tahun, anak laki-laki dan perempuan hampir tidak tampak perbedaan tubuhnya, kecuali pada kebiasaan memelihara rambut. Biasanya anak perempuan memanjangkan rambut sementara anak laki-laki tidak. Kira-kira umur 12 tahun laki-laki dan perempuan mulai tampak berbeda. Mulai umur 12 tahun terjadi perubahan suara pada anak laki-laki. Suara yang sebelumnya berfrekuensi tinggi, berubah menjadi agak rendah (besar). Selain itu ada tanda-tanda mulai tumbuh kumis, rambut ketiak, dan jakun.
Pada anak perempuan, sekitar usia 12 tahun organ reproduksinya mulai menghasilkan sel telur. Sel telur yang telah matang dan tidak dibuahi akan luruh dan akhirnya dikeluarkan dari tubuh berupa darah. Peristriwa itu dinamakan menstruasi atau haid. Anak dengan kondisi tubuh normal, haid terjadi secara periodik setiap bulan sehingga dikenal juga dengan istilah datang bulan. Anak perempuan yang mengalami haid merupakan pertanda bahwa anak itu jika telah menikah bisa mendapatkan keturunan. Dengan demikian, anak perempuan yang mengalami haid wajib mengucap syukur kepada Allah atas karunia itu.

Di awal masa puber, anak perempuan tumbuh lebih cepat sehingga kelihatan lebih besar dan lebih tinggi daripada anak laki-laki meskipun usia mereka sama. Beberapa tahun kemudian pertumbuhan anak perempuan melambat, sedangkan pertumbuhan anak laki-laki semakin cepat.
Pada masa puber, anak-anak mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan. Setiap gerak, misalnya berlari-lari dan berteriak-teriak, mereka tidak dapat lagi melakukannya secara spontan dan bebas, tetapi mulai memperhatikan aturan formal, yaitu aturan sopan santun dan tata tertib yang berlaku di lingkungan itu

Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Sejak lahir, manusia dikaruniai organ reproduksi. Organ reproduksi diciptakan oleh Allah yang Maha Esa untuk manusia, agar manusia dapat terus melangsungkan keturunannya. Organ tersebut sangat penting. Bila kita tidak mempunyai organ reproduksi, apa jadinya? Salah satunya kita akan kesulitan untuk buang air kecil (kencing).
Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita bersyukur atas apa-apa yang diberikan Allah kepada kita. Diciptakannya organ reproduksi bagi manusia sudah tentu ada fungsinya. Apa yang harus kita lakukan terhadap organ reproduksi kita?
Tuhan menciptakan manusia terdiri atas laki-laki dan perempuan. Sudah tentu, laki-laki dan perempuan memiliki organ reproduksi yang berbeda. Berbeda bentuk, fungsi, serta cara menjaga kebersihannya.

Bagaimana cara kita menjaga organ reproduksi?
Setiap manusia perlu menjaga kebersihan organ reproduksinya. Terutama bagi wanita, apalagi pada saat haid atau menstruasi. Pada saat itu, tubuh wanita rentan terhadap penyakit.
Cara membersihkan organ reproduksi untuk wanita, mandi dengan air bersih sehari dua kali. Bila haid hendaknya mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali, menggunakan pembalut yang bersih bebas kotoran, dan berolah raga secara teratur. Membasuh organ bila habis buang air kecil agar tidak gatal.
Begitu pula dengan laki-laki, untuk menjaga kebersihan organ reproduksinya, hendaknya mandi dua kali sehari, mengganti pakaian dalam sehari dua kali, membasuh organnya sehabis buang air kecil, serta olah raga secara teratur.

0 Response to "Perkembang dan pertumbuhan manusia"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme